GUDANG PESONA WISATA ALAM WONOSOBO - AndanuNet

Wednesday, February 20, 2019

GUDANG PESONA WISATA ALAM WONOSOBO

KABUPATEN WONOSOBO

Wonosobo (Jawaꦏꦧꦸꦥꦠꦺꦤ꧀​ꦮꦤꦱꦧtranslit. Kabupatèn Wanasaba) adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Wonosobo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang di timur, Kabupaten Purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di barat, serta Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di utara.
Kabupaten Wonosobo berdiri 24 Juli 1825 sebagai kabupaten di bawah Kesultanan Yogyakarta seusai pertempuran dalam Perang Diponegoro. Kyai Moh. Ngampah, yang membantu Diponegoro, diangkat sebagai bupati pertama dengan gelar Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Setjonegoro.
Hasil gambar untuk WONOSOBO

1. Pesona Destinasi Objek Wisata Gunung Perahu   di Dieng Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Gunung Perahu di Dieng Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Gunung Perahu di Dieng Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Wonosobo juga terkenal akan Objek Wisata Gunung Perahu di Dieng Wonosobo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Objek Wisata Gunung Perahu di Dieng Wonosobo Jawa Tengah memiliki perbukitan  berjejer di puncak Prau  memanjakan mata siapa saja yang memandang.  Apalagi dimusim penghujan, warna Hijau segar dengan selang seling  bunga Daisy  dibawah naungan langit biru dengan hamparan awan menghampar menyelimuti horizon dan daratan dibawahnya sehingga seolah-olah kita sedang berada di negeri atas awan.

Langit malam dipuncak prau yang dipenuhi gemerlap bintang, belum  lagi silver Sunrise dengan latar belakang gunung-gunung disekitarnya menciptakan suasana melankolis dan damai. Perpaduan romantis antara Cahaya dan Hijau Alam Pegunungan. Gunung Prau berada pada ketinggian 2565 mdpl. Sedang secara Astronomis Gunung ini terletak pada koordinat 7° 11' 13" LS,  109° 55' 22" BT.

Peristiwa terbit dan tenggelamnya sinar matahari adalah saat yang sering ditunggu-tunggu oleh para pendaki. Keindahan warna langit jelang pergantian hari tersebut selalu melahirkan pesona tersendiri apalagi jika dinikmati diketinggian Gunung Prau. Di atas puncak Gunung Prau inilah juga sering di jadikan tempat untuk hunting spot Golden Sunrise Prau yang spektakuler selain menikmati Golden Sunrise Sikunir.

2. Pesona Destinasi Objek Wisata Bukit Sikunir Dieng di Wonosobo Jawa Tengah


Wisata Bukit Sikunir Dieng di Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah wonosobo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonosobo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Bukit Sikunir Dieng di Wonosobo Jawa Tengah ini. Wisata Bukit Sikunir Dieng di Wonosobo Jawa Tengah mungkin cuma bukit kecil, namun banyak kesan bisa didapat disini terutama kearena keindahan Golden Sunrisenya.di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, menjadi kawasan wisata yang paling banyak disinggahi wisatawan domestik maupun mancanegara pada malam pergantian tahun baru.

Di Puncak Bukit Sikunir yang berketinggian 2 232 mdpl ini, Golden Sunrise yang konon merupakan Penampakan Matahari terbit terbaik seasia tenggara menyapa para wisatawan setiap paginya.
Selain keindahan Sunrisenya, di Sikunir anda juga bisa menyaksikan pemandangan gunung-gunung berjejer dari tempat ini. Mulai dari Gunung Sindoro, Gunung Slamet, Gunung Pakuwaja dan lainnya.

Dari Puncak Sikunir pesona panorama pemandangan pegunungan Dieng juga bisa anda nikmati. barisan perbukitan dan pegunungan dengan kerlip lampu desa-desa dibawahnya menjadi pemandangan yang menakjubkan sebelum matahari beranjak menerangi dunia.

Dari bukit ini, wisatawan bisa memandang tujuh puncak gunung, yakni Sindoro, Merapi, Merbabu, Lawu, Telomoyo, Ungaran, dan Prau di kawasan Dieng. Dari puncak Sikunir, ketika pandangan mengarah ke barat terlihat Telaga Cebong yang bersebelahan dengan perkampungan Sembungan. Di sekitar Bukit Sikunir selain Telaga Cebong juga ada empat telaga lain, yakni Asat atau Wurung, Gunung Kendil, dan dua Telaga Pakuwujo.

3. Pesona Destinasi Objek Wisata Telaga Warna Dieng di Kejajar Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Telaga Warna Dieng di Kejajar Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Telaga Warna Dieng di KejajarWonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Wonosobo juga terkenal akan Objek Wisata Telaga Warna Dieng di Kejajar Wonosobo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Telaga warna juga merupakan telaga terluas yang ada di dataran tinggi. Telaga warna sendiri mempunyai luas kira 3 kali lapangan sepak bola. Telaga warna dieng terletak di ketinggian 2000 meter diatas permkaan laut. Telaga tersebut juga dikelilingi oleh bukit bukit yang indah yang cocok sebagai tempat untuk refreshing. Telaga Warna merupakan danau vulkanik yang berisi air bercampur dengan belerang, Apabila terkena sinar matahari akan memantulkan sinar warna warni karena kandungan bahan mineralnya.

Terkadang berwarna biru dan kuning ataupun hijau dan kuning. Beberapa ranting dan pohon yang terlihat menambah keelokan telaga warna, jika cuaca memungkinkan telaga warna memantulkan warnanya seperti variasi pelangi. Mengenai mitos yang terdapat ditelaga warna, dahulu ada sebuah cincin milik bangsawan yang memiliki kekuatan / bertuah terjatuh kedalam telaga warna. Singkat cerita cincin tersebut mengakibatkan warna warni pada telaga warna. Selain terdapat telaga yang indah, disekitaran telaga tersebut juga terdapat berbagai macam goa yang bisa anda nikkmati.

4. Pesona Destinasi Objek Wisata Telaga Pengilon di Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Telaga Pengilon di Dieng Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Telaga Pengilon di Dieng Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota Wonosobo juga terkenal akan Objek Wisata Telaga Pengilon di Dieng Wonosobo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Objek Wisata Telaga Pengilon di Dieng Wonosobo Jawa Tengah letaknya berada disamping telaga warna, tepatnya disebelah selatan. Sesuai dengan namanya Telaga Pengilon memiliki warna air yang sangat jernih / bening. Mengenai ukuranya telaga pengilon lebih kecil dari pada telaga warna.


Objek Wisata Telaga Pengilon di Dieng Wonosobo Jawa Tengah ini (diambil dari bahasa jawa = ngilo, dalam bahasa Indonesia = bercermin) Karena kejernihan air di Telaga Pengilon, disangkutkan dengan sebuah mitos. Yaitu apabila seseorang bercermin di telaga pengilon yang berhati baik / mulia akan terlihat tampan atau cantik, begitu juga sebaliknya apabila ada seseorang berhati busuk bercermin di telaga pengilon maka terlihat jelek. Sebagaian masyarakat dieng masih percaya telaga pengilon dapat mengetahui isi hati seseorang.

5. Pesona Destinasi Objek Wisata Telaga Merdada di Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Telaga Merdada di Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Telaga Merdada di Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Wonosobo juga terkenal akan Objek Wisata Telaga Merdada di Wonosobo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Objek Wisata Telaga Merdada di Wonosobo Jawa Tengah memiliki luas area kurang lebih 15 hektar.  Para wisatawan dapat menjangkau Telaga Merdada melalui Jalan Jaya Dieng selama kurang lebih 13 menit menggunakan kendaraan tanpa terhalang macet. Para wisatawan ingin segera berkunjung berjelajah menyesap keindahan panorama alam Telaga Merdada. Telaga Merdada terbentuk akibat letusan gunung berapi tak lain halnya ialah akibat aktivitas vulkanik Gunung Dieng ribuan tahun silam.

Dahsyatnya letusan dimasa lalu sehingga menyisakan kapundan kawah besar yang membentuk cekungan luas menyerupai mangkuk raksasa. Telaga yang dikelilingi oleh tebing dan bukit yang kakinya menjulur sampai ke tepian air akan membuat siapa saja tercengang akan keindahannya. Areanya yang sangat luas, semakin membuat wisatawan betah dengan menikmati hawa dingin pegunungan.

6. Pesona Destinasi Objek Wisata Telaga Cebong Dieng di Sembungan Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Telaga Cebong Dieng di Sembungan Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Telaga Cebong Dieng di Sembungan Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Wonosobo juga terkenal akan Objek Wisata Telaga Cebong Dieng di Sembungan Wonosobo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.



Dengan begitu terkenalnya Desa Sembungan hingga ke mancanegara, aku mengira jalanan menuju tempat ini akan bagus beraspal, namun ternyata salah. Jalan yang di lalui adalah jalanan mendaki yang terjal dan menurun yang curam. Meski tidak semua jalanan menuju Desa Sembungan ini buruk, tetapi buat kalian yang tidak tahan, mungkin akan mabuk lalu muntah.  

Perjalanan mendebarkan sekaligus menyenangkan itu untuk menempuh Objek Wisata Telaga Cebong Dieng di Sembungan Wonosobo Jawa Tengah sangatlah tidak mudah, namun semua akan berakhir dengan tibanya kami di Telaga Cebong. Anda akan bisa menikmati kabut yang mulai turun dan dinginnya udara di tempat ini. Kalau musim kemarau suhu disini yang kadang mencapai 0 derajat celcius, bahkan bisa minus.
Untuk mengusir hawa dingin yang mulai terasa menusuk, Anda bisa berkeliling melihat-lihat suasana sekitar. Beberapa teman yang lain pun tampak tak ingin menyia-nyiakan momen ini dengan saling berkenalan dan berbincang-bincang ringan.

7. Pesona Destinasi Objek Wisata Kawah Sikidang di Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Kawah Sikidang di Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Kawah Sikidang di Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Objek Wisata Kawah Sikidang di Wonosobo Jawa Tengah adalah salah satu objek wisata yang berada di kawasan vulkanik Dataran Tinggi Dieng.  Kawah Sikidang berlokasi di area datar, dikelilingi batuan belerang, dan mengepulkan uap panas disertai gejolak air mendidih berwarna kelabu.

Kandungan belerang yang tinggi membuat kawah tersebut mengeluarkan bau sangat menyengat seperti telur busuk, sehingga wisatawan yang berkunjung harus menggunakan masker sebagai penutup hidung. Kawah ini emiliki karakter sangat unik, dimana terdapat lubang- lubang fumarola yang cukup banyak, menyebar di sekitar kawah utama dan selalu berpindah-pindah tempat.

Oleh karena itulah, penduduk setempat memberinya nama Kawah Sikidang, bagaikan seekor kidang (rusa) yang selalu melompat-lompat dari satu tempat ke tempat lain. Sejauh mata memandang tampak hamparan tanah dan batuan belerang yang tampak tandus. Area perbukitan yang terlihat jauh mengelilingi area kawah memberikan kesan yang begitu eksotis.

8. Pesona Destinasi Objek Wisata Dieng Plateau Theater di Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Dieng Plateau Theater di Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Dieng Plateau Theater di Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Wonosobo juga terkenal akan Objek Wisata Dieng Plateau Theater di Wonosobo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Objek Wisata Dieng Plateau Theater di Wonosobo Jawa Tengah merupakan salah satu tempat wisata unggulan di dataran tinggi Dieng Wonosobo. Dalam lokasi wisata Dieng tater itu sendiri anda akan disuguhkan tentang cerita terbentuknya Dieng desertakan gunung-gunung kecil yang ada disekitarnya.
Pemerintah Wonosobo memiliki ide untuk mengmbangkan kawasan Dieng dengan pendidikan yang benar.

Karena dari itu terbentuklah film dokumenter yang berkelas tinggi untuk memperkenalkan Dieng kepada masyarakat umum secara baik dan benar. Tampak depan Dieng Theater terlihat taman yang begitu luas dan indah dengan alas jalan bebeatuan kali.

Kapasitas gedung ini sendiri sekitar 100 orang dalam 1 kali pertunjukan. ini akan diputar terus-menerus dari pagi sampai sore, jadi jika anda yang tertinggal jangan khawatir karena hanya dengan menunggu sekitar 15 menit anda akan mendapat giliran melihat film dokmenter tentang Dieng ini.

9. Pesona Destinasi Objek Wisata Gardu pandang Tieng di Kejajar Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Gardu pandang Tieng di Kejajar Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Gardu pandang Tieng di Kejajar Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Wonosobo juga terkenal Objek Wisata Gardu pandang Tieng di Kejajar Wonosobo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Objek Wisata Gardu pandang Tieng di Kejajar Wonosobo Jawa Tengah memiliki pemandangannya unik dan tidak biasa yang sederhana seperti menara pada umumnya, tapi anda akan mendapatkan suguhan pemandangan yang luar biasa saat berada di sini pada pagi atau sore hari. Setiap paginya, anda bisa menemukan beberapa orang berada di lokasi ini untuk menikmati keindahan sunrise.

Gardu Pandang yang berada di tepian tebing membuat para pengunjung dengan mudah melihat landscape desa Tieng dengan leluasa. Sunrise yang bisa anda lihat langsung dari tempat ini juga sangat mempesona sehingga menjadi pemandangan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Saat anda ada di tempat ini, pastikan anda mengambil foto-foto sunrisenya, karena pemandangan tersebut adalah pemandangan yang sangat indah dan sangat cocok untuk diabadikan.

Di sekitar Gardu Pandang Tieng, anda juga bisa melihat penjual yang menjajakan aneka cinderamata seperti hiasan dari kayu galar dan bunga Edelweis dengan harga yang sangat terjangkau. Bunga Edelweis ini adalah salah satu cinderamata yang paling sering dibeli karena tidak dapat layu dan bertahan lama makanya sering dikenal sebagai bunga abadi.

10. Pesona Destinasi Objek Wisata Batu Ratapan Angin di Dieng Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Batu Ratapan Angin di Dieng Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Batu Ratapan Angin di Dieng Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Wonosobo juga terkenal akan .Objek Wisata Batu Ratapan Angin di Dieng Wonosobo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.


Objek Wisata Batu Ratapan Angin di Dieng Wonosobo Jawa Tengah juga disebut juga dengan nama Batu Pandang Dieng atau Batu Pandang Telaga Warna. Obyek wisata ini berupa dua buah batu yang bertumpuk di atas sebuah bukit di area Telaga Warna Dieng. Posisi batu yang tinggi dan dikelilingi oleh pepohonan dan semak belukar menghasilkan bunyi yang unik.

Angin yang berputar dan menghembus daun-daun pepohonan menghasilkan bunyi gemerisik halus seperti siulan dan ratapan. Konon bunyi inilah yang membuat obyek wisata Batu Pandang Telaga Warna ini dinamai Batu Ratapan Angin. Anda juga bisa melihat keindahan  Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari Batu Ratapan tersebut. Dari atas batu Anda juga bisa melihat eksotisnya tebing-tebing batu di bukit-bukit terdekat.

Bahkan, Anda juga bisa melihat Candi Bima, Kawah Sikidang, dan Tempat Eksplorasi Gas Pertamina. Tidak hanya itu, turun dari lokasi Batu Pandang ini Anda bisa mencoba wahana Flying Fox dengan membayar Rp. 20.000,-. Malahan ada lagi yang unik, tepat di atas Batu Ratapan Angin, yaitu sekitar 50 meter, ada wahana wisata buatan yaitu Jembatan Merah Putih. Jembatan gantung ini menghubungkan dua bukit di dekat Batu Pandang.

11. Pesona Destinasi Objek Wisata Sumur Jalatunda di Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Sumur Jalatunda di Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Sumur Jalatunda di Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Sumur yang terbentuk akibat letusan dahsyat ribuan tahun silam yang meninggalkan mitos di masyarakat sekitar tentang keberadaannya yang masih di selimuti oleh cerita - cerita misteri  dari penduduk lokal . Secara ilmiah, Sumur Jalatunda ini terbentuk akibat letusan hebat jutaan tahun lalu yang kemudian menyisakan lubang besar dengan diameter lingkaran 90 meter dengan kedalaman hingga 100 meter. 


Terlepas dari cerita tersebut di atas wisatawan akan di suguhi pemandangan yang indah di sekitar area sumur jalatunda dieng yang berjarak 7 km dari objek wisata inti dieng plateau. Kedalaman sumur jalatunda dieng di perkirakan sekitar 100 m dari bibir sumur hingga permukaan air dan hingga kini masih menjadi misteri kedalaman sesungguhnya apabila di ukur hingga dasar sumur karena terbentuknya lingkaran (sumur).

12. Pesona Destinasi Objek Wisata Curug Winong di Kaliwiro Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Curug Winong di Kaliwiro Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Curug Winong di Kaliwiro Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.


Curug winong letaknya memang tersembunyi dan masih jarang diketahui oleh publik. Objek Wisata Curug Winong di Kaliwiro Wonosobo Jawa Tengah memiliki keunikan serta keindahan yang tak boleh di pandang sebelah mata. Perjalanan anda akan menemui jalan yang menanjak dan berkelok-kelok. Pemandanganya berupa jurang dan hutan-hutan pinus yang lebat. Ya jadi perlu berhati-hati, tetap konsentrasi.


Curug winong memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan memiliki tebing yang khas. Di sekitarnya banyak terdapat bebatuan-bebatuan besar. Hal inilah yang menjadi salah satu ciri khas curug winong. Para pengunjung bahkan ada yang sampai memberanikan diri memanjat bebatuan besar dan sampai ke tingkat 2. Kalau misalkan  ragu mending nggak usah ikutan yang pada manjat ya. Karena memang tidak disarankan dan tidak adanya tali pengaman.
Disini ada sebutan Watu Kelir, maksudnya adalah sebuah bebatuan memanjang yang berbentuk seperti kelir di pertunjukan wayang kulit. Dikanan kiri batu tersebut ditumbuhi pohon seperti tiang kelir yang disebut dengan Wunung, konon katanya pohon ini termasuk tanaman langka. Aliran air curug winong tergolong deras. Dan ada beberapa bagian yang katanya dalam, jadi jangan coba-coba mandi disini.

13. Pesona Destinasi Objek Wisata Curug Sikarim di Mlandi Wonosobo Jawa Tengah


Wisata Curug Sikarim di Mlandi Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah mlandi juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonosobo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Curug Sikarim di Mlandi Wonosobo Jawa Tengah ini. Air Terjun Sikarim memiliki ketinggian 24 meter dengan latar belakang bukit Sikunir yang menjulang dan banyak ditumbuhi perdu dan tanaman langka.

Air terjun ini mengalir deras menyusuri dinding batu dari atas ketinggian dengan dua jalur aliran air.  Tak jauh lokasi ini terdapat juga Air Terjun Sipendok yang terletak di sebelah atas kiri bukit.  Ketinggian air terjun ini cukup tinggi sekitar 70 m.  Sayangnya untuk menuju air terjun tersebut cukup sulit karena harus melewati semak belukar dan jurang yang cukup dalam. 
Berjarak sekitar 9 km dari ibukota kecamatan atau 20 km sebelah utara kota Wonosobo.  Kondisi jalan menuju kesana beraspal akan tetapi banyak yang rusak bahkan dibeberapa tempat memiliki kontur jalan yang cukup curam berliku dengan tikungan tajam dan langsung menanjak sekitar 45 derajat.

Untuk menuju lokasi air terjun ini dengan mengambil arah ke Dieng.  Setelah sampai di Kecamatan Garung terdapat pintu masuk di sebelah kiri di PLTA Garung (dekat pasar dan terminal Garung).  Jarak PLTA ini dari kota Wonosobo sekitar 8 km.  Masuk ke PLTA Garung, selanjutnya setelah 3 km terdapat pertigaan, jika ke kiri ke Desa Mlandi sedangkan ke kanan ke Telaga Menjer.  

14. Destinasi Wisata Pemandian Air Panas Kalianget di Kalianget Wonosobo Jawa Tengah


wisata Pemandian Air Panas Kalianget di Kalianget Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah ..juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonosobo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah wisata Pemandian Air Panas Kalianget di Kalianget Wonosobo Jawa Tengah ini. vwisata Pemandian Air Panas Kalianget di Kalianget Wonosobo Jawa Tengah  bisa menjadi alternatif.

Kolam air panas ini berasal dari pegunungan yang masih asli dan mengandung sulfur sehingga baik untuk kulit. Letak lokasi pemandian air hangat ini berada di utara Kota Wonosobo, arah ke Kawasan Wisata Dieng, tepatnya di Jalan Dieng Km. 3, tepatnya di Desa Kalianget, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wosobo.

Biaya masuk pemandian Kalianget juga cukup murah dengan tarif dibawah Rp. 20.000 Anda bisa berendam di kolam air panas. Selain itu, ada fasilitas stadion olah raga, lapangan tenis, kolam renang, kolam pemancingan, dan sebuah taman bermain yang disediakan untuk putra putri Anda bermain dengan puas.

15. Pesona Destinasi Objek Wisata Waduk Wadaslintang di Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Waduk Wadaslintang di Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Waduk Wadaslintang di Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Wonosobo juga terkenal akan Objek Wisata Waduk Wadaslintang di Wonosobo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Objek Wisata Waduk Wadaslintang di Wonosobo Jawa Tengah merupakan objek wisata yang cukup unik. Karena letaknya diperbatasan Kabupaten Kebumen dan Wonosobo. Daerahnya berudara sejuk, dengan panorama alam pegunungan di sekitarnya yang begitu alami. Sedangkan sekitar 113 ha, termasuk kantor dan lokasi bendung, PLTA beserta dua saluran induk masuk ke Wilayah Kebumen.

Waduk Wadaslintang dibangun cukup lama, sekitar 7 tahun. Arealnya di lembah yang cukup curam tapi pemandangannya mengasyikkan. Waduk Wadaslintang dilaksanakan oleh kontraktor Hydro Resource Coorporation Filipina, bekerja sama dengan PT Brantas Abipraya. Mulai dikerjakan tahun 1982, dan diresmikan oleh Presiden Soeharto awal tahun 1988.

Tinggi bendungan 116 m lebar 10 m dan panjang 650 m, berisi air maksimal 443 juta M3. Kini, Waduk Wadaslintang benar-benar tidak saja berfungsi sebagai tempat wisata. Tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk olah raga air, serta yang lebih utama manfaatnya di bidang irigasi.

16. Pesona Destinasi Objek Wisata Kawah Dieng di Kejajar Wonosobo Jawa Tengah


Wisata Kawah Dieng di Kejajar Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah kejajar juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonosobo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Kawah Dieng di Kejajar Wonosobo Jawa Tengah ini. Kawah Sikidang Wonosobo ini menjadi Destinasi wisata unggulan di Dieng Plateau. Kawah Sikidang merupakan cekungan berisi kawah yang timbul karena aktivitas Gunung Berapi di Dataran TInggi Dieng.

Lokasi dari kawah Sikidang ini berada di tanah yang lumayan datar, sehingga pengunjung dapat dengan jelas melihat gumpalan asap yang keluar dari Kawah Sikidang ini. Hal ini lah yang kemudian menarik perhatian dari para pengunjung karena dapat melihat secara langsung fenomena aneh yang tidak mungkin dapat disaksikan di daerah lain.

Namun perlu diingat bahwa seperti pada kawah-kawah yang lain, Kawah Sikidang ini mengandung kandungan belerang yang tinggi sehingga gah yang keluar juga mengandung belerang sehingga sangat beracun dan dapat berbahaya bagi kesehatan. Untuk tujuan keamanan bagi pengunjung di sekitar kawah Sikidang sudah dibangun pagar yang terbuat dari kayu, yang fungsinya sebagai pembatas agar tidak ada pengunjung yang tercebur dalam kawah atau terkena dampak dari gas beracun Kawah Sikidang.

17. Pesona Destinasi Objek Wisata Petak 9 Dieng di Kejajar Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Petak 9 Dieng di Kejajar Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Petak 9 Dieng di Kejajar Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.


Objek Wisata Petak 9 Dieng di Kejajar Wonosobo Jawa Tengah merupakan sebuah bukit kecil di area kawasan wisata Telaga Warna yang sangat strategis untuk mendapatkan view Telaga Warna bersandingan dengan Telaga Pengilon dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan yang mengelilinya. Dari puncak Bukit Sidengkeng ini warna-warni permukaan Telaga Warna yang berkilau saat disinari matahari terlihat lebih jelas.

Dengan ber-camping Anda juga bisa melihat gagahnya gunung-gunung yang mengelilingi Dataran Tinggi Dieng. Anda akan bisa melihat Gunung Sindoro yang berwarna biru, Gunung Prau yang menjulang tinggi, dan Gunung Sumbing yang megah di kejauhan. Pemukiman penduduk dengan hamparan lahan pertaniannya juga tak kalah indah dari Puncak Bukit Sidengkeng.

Daya tarik Wana Wisata Petak 9 Bukiti Sidengkeng Dieng tidak hanya sebatas lanskap Dataran Tinggi Dieng saja. Jika Anda mendaki bukit akan terasa hawa sejuk dari pepohonan dan tanaman-tamanan bunga cantik yang mungkin saja belum pernah Anda lihat sebelumnya. Pepohonan dan bunga itu adalah sebagian tanaman endemik Dataran Tinggi Dieng. Jadi, bisa dikatakan Wana Wisata Petak 9 Dieng sebagai hutan lindung yang dibuat untuk melestarikan tanaman endemik Dieng yang sudah mulai punah dan sebagai sarana belajar.

18. Pesona Destinasi Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Candi Arjuna Dieng di Batur Wonosobo Jawa Tengah terdapat empat candi yang terletak bersebelahan menghadap ke barat yaitu Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra, dan Candi Semar yang menghadap ke arah timur tepat di depan Candi Arjuna – yang terletak di ujung utara deretan percandian di kompleks tersebut. Candi Arjuna hanya sebesar 4 m2 dengan posisi bb ke arah barat.

Pada pintu masuk dihiasi oleh kala makara yang dipercaya sebagai penjaga kesucian candi. Kala mempunyai arti raksasa yang menakutkan, sementara makara berarti wujud binatang dongeng Hindu yang terdiri dari campuran berbagai bentuk hewan seperti gajah, buaya, dan ikan. Dikarenakan bentuk kala makara yang menakutkan, diharapkan dapat menangkal roh-roh jahat yang mencoba memasuki candi (yang dianggap sebagai bangunan suci umat Hindu).

Di dalam Candi Arjuna dipercaya adanya air suci yang menggenang di dalam yoni (tempat untuk melahirkan). Masyarakat sekitar mempercayai bahwa air suci itu tidak pernah habis meskipun saat musim kemarau dan dianggap sakral hingga saat ini. Di sini, Anda tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan kompleks candi yang begitu cantik dan kesejukan udaranya karena berada di ketinggian lebih dari 2000 meter di atas permukaan laut. Anda juga akan disuguhkan pentas seni Tarian Rampak Yakso Pringgondani.

19. Pesona Destinasi Objek Agrowisata Tambi di Sedayu Wonosobo Jawa Tengah


Objek Agrowisata Tambi di Sedayu Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Agrowisata Tambi di Sedayu Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Objek Agrowisata Tambi di Sedayu Wonosobo Jawa Tengah anda bisa menikmati teh di ketinggian 1400 mdpl. Hawa dingin merasuk disegarkan dengan secangkir teh hangat yang langsung dikemas dari pabriknya. Sejarah PT. Perkebunan Tambi yang kini menonjolkan wisata agro sebagai salah satu daya tariknya jauh dimulai dari tahun 1865. Didirikan sebagai cabang dari perusahaan Belanda dengan nama Bagelen Thee & Kina Maatschaappij. Perusahaan tersebut dikelola oleh NV. John Peet yang berkantor pusat di Batavia (Jakarta).



Revolusi Kemerdaan Indonesia membuat pengelolaan perkebunan lalu jatuh ke tangan pribumi. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama karena Konferensi Meja Bundar tahun 1950 membuat kepengelolaan dikembalikan ke tangan Belanda. Dalam perkembangannya pada tahun 1957 perusahaan tersebut bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Wonosobo yang kemudian memunculkan nama NV. Tambi yang berubah menjadi PT. Tambi hingga kini.

Produk perkebunan teh Tambi hampir 80% dijual ke perusahaan lokal maupun internasional yang akan dijual kembali dengan merk mereka sendiri. Sisanya, hasil perkebunan teh dijual dengan merk Teh Tambi. Produknya dikemas menjadi Teh Hitam dan Teh Hijau. Yang paling nikmat adalah teh hitam grade 1, karena kualitasnya paling baik. Rasa dan aromanya begitu kuat. Apalagi dinikmati pada dinginnya daerah Tambi, Wonosobo.

20. Pesona Destinasi Objek Wisata Perkebunan Teh Tambi di Sedayu Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Perkebunan Teh Tambi di Sedayu Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Perkebunan Teh Tambi di Sedayu Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Wonosobo juga terkenal akan Objek Wisata Perkebunan Teh Tambi di Sedayu Wonosobo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.


Wisata Perkebunan Teh Tambi di Sedayu Wonosobo Jawa Tengah memilkik suguhan paling utama adalah produk teh dari perkebunan tersebut. Sungguh saya rasakan magis kabut saat menikmati teh di ketinggian 1400 mdpl. Hawa dingin merasuk disegarkan dengan secangkir teh hangat yang langsung dikemas dari pabriknya. Produk perkebunan teh Tambi hampir 80% dijual ke perusahaan lokal maupun internasional yang akan dijual kembali dengan merk mereka sendiri. 

Sisanya, hasil perkebunan teh dijual dengan merk Teh Tambi. Produknya dikemas menjadi Teh Hitam dan Teh Hijau serta dalam bentuk kemasan dengan lambang Punokawan sebagai ciri khas. Wisata Perkebunan Teh Tambi di Sedayu Wonosobo ini juga cocok untuk kegiatan traking karena nyamannya jalur perkebunan teh. Tentunya kondisi udara sejuk akan menambah semangat untuk berjalan mengelilingi perkebunan. 

Melihat aktivitas pemetik dan truk pengangkut teh, menyapa penduduk lokal yang ramah adalah aktivitas yang dapat anda lakukan disini. Musim hujan yang masih ada di daerah Tambi, Wonosobo adalah waktu yang cocok untuk mengunjungi perkebunan teh. Kebun teh akan terlihat sedang hijau-hijaunya. 

21. Pesona Destinasi Objek Wisata Telaga Menjer di Maron Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Telaga Menjer di Maron Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Telaga Menjer di Maron Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Wonosobo juga terkenal akan Objek Wisata Telaga Menjer di Maron Wonosobo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi.


Objek Wisata Telaga Menjer di Maron Wonosobo Jawa Tengah merupakan sebuah telaga buatan yang di fungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air oleh PLTA Garung. Seiring dengan dengan perkembangan waktu telaga menjer mulai di manfaat kan menjadi tempat wisata yang menarik.Telaga menjer merupakan sebuah telaga yang terbentuk dari sebuah letusan kaki gunung pakuwaja yang dulunya aktif.
Di telaga ini anda dapat menikmati hamparan air telaga menjer yang jernih dan merasakan segarnya udara khas pegunungan. Selain itu anda dapat menyusuri telaga menjer dengan menaiki prahu yang di sewakan oleh warga sekitar. Hanya dengan membayar sebesar 10.000 rupiah anda sudah bisa berkeliling telaga menjer serta melihat bentangan gunung sindoro yang mempesona selam +- 30 menit.
Tidak Hanya itu, anda yang hobi memancing alangkah baiknya membawa juga peralatan memancing anda. Karena di telaga ini banyak orang yang menghabiskan waktunya dengan bersantai sambil memancing. Ikan-ikan yang didapat pun cukup berfariasi, mulai dari ikan yang berukuran mungil hingga berukuran jumbo.

22. Pesona Destinasi Objek Wisata Lobang Sewu di Erorejo Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Lobang Sewu di Erorejo Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Lobang Sewu di Erorejo Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Objek Wisata Lobang Sewu di Erorejo Wonosobo Jawa Tengah tepatnya di area sekitar waduk Wadaslintang.  Sejarah adanya lubang sewu di Erorejo memang belum diketahui, namun tempat ini sudah ada sejak jaman dahulu sebagai tempat untuk memancing ikan dari warga setempat, lubang sewu juga baru diresmikan pada tahun 2015 .

Asal mla nama lubang sewu berasal dari cerita masyarakat sekitar saat keadaan air surut kadang terlihat ribuan lubang dan batu yang terkikis oleh air seperti karang atau seperti grand canyon berukuran kecil dan indah, tempat wisata ini dikatakan destinasi musiman karena kadang bebatuan tersebut tenggelam saat musim hujan. Bebatuan yang membentuk seribu lubang cantik inilah yang banyak dicari oleh pemburu destinasi wisata, apalagi ditambah saat pemandangan matahari tenggelam di sore hari membuat wisata Erorejo lebih cantik nan indah.

Batu karang yang tersusun rapi membentuk jajaran batu dengan pemandangan indah ini perlu dijaga, karena jika ada tangan yang tidak bertanggung jawab mencoret batu bukan hanya merusak batu karangnya namun juga merusak keindahan alam batu Erorejo, Lubang Sewu dijaga ketat oleh warga dan sudah diresmikan menjadi Destinasi wisata baru di Wonosobo.

23. Pesona Destinasi Objek Wisata Curug Sirawe di Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Curug Sirawe di Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Curug Sirawe di Wonosobo Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota Wonosobo juga terkenal akan Objek Wisata Curug Sirawe di Wonosobo Jawa Tengah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Objek Wisata Curug Sirawe di Wonosobo Jawa Tengah ini terletak di Dusun Bitingan, Kepakisan. Dapat ditempuh melewati jalur Kawah Sileri kearah barat. Mulai dari Bitingan Anda harus berjalan kaki, melewati jalan menantang dengan medan yang sangat terjal.

Selama 40 menit perjalanan, hutan-hutan kuno dan gemuruh suara air terjun menjadi suguhan luar biasa. Objek Wisata Curug Sirawe di Wonosobo Jawa Tengah memiliki jalan yang petualangan sesungguhnya, menguji setiap nyali dan fisik seorang yang hoby menjelajah alam liar. Namun pemandangan disana sangatlah mempesona dengan keindahan alam yang masih sangat alami.

24. Pesona Destinasi Objek Wisata Arum Jeram Serayu di Wonosobo Jawa Tengah


Wisata Arum Jeram Serayu di Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah wonosobo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonosobo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Arum Jeram Serayu di Wonosobo Jawa Tengah ini.  Hulu sungai ini berada di Kabupaten Wonosobo (disebut Tuk Bima Lukar atau mata air Bima Lukar) dan bermuara di Cilacap. Anak sungai Serayu yang besar adalah Kali Klawing, yang berhulu di Gunung Slamet. Ada enam kabupaten yang tercakup daerah aliran sungai ini: Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Cilacap.

Wisata Arum Jeram Serayu di Wonosobo Jawa Tengah  merupakan pintu masuk ke dataran tinggi dieng (yang sebagian besar wilayahnya masuk ke kabupaten banjarnegara), dan jalur masuk ke dieng lebih mudah via wonosobo di banding via karangkobar banjarnegara. Makan dari itu wonosobo lebih familyar di dengar daripada banjarnegara.

Begitu pula dengan sungai serayu, sungai serayu melintasi dua kabupaten tersebut, sungai serayu inilah yang saat ini menjadi primadona arung jeram / rafting di jawa tengah. Kegiatan arung jeram lebih banyak di pusatkan di Banjarnegara, akan tetapi banyak juga yang mengira bahwa arung jeram serayu wonosobo berada di kabupaten wonosobo. Hal tersebut di karenakan salah satu starting point arung jeram banjaregara berada di kawasan kabupaten wonosobo, yaitu pada jembatan blimbing.

25. Pesona Destinasi Objek Wisata Kuliner Mie Ongklok di Wonosobo Jawa Tengah


Objek Wisata Kuliner Mie Ongklok di Wonosobo Jawa Tengah merupakan salah satu makanan populer khas Wonosobo. Kuliner yang rasanya yang unik dan lezat ini begitu memanjakan lidah para pengunjungnya.
Salah satu warung Mie Ongklok yang paling terkenal di Wonosobo, adalah Mie Ongklok Longkrang milik Waluyo yang terletak di Jalan Pasukan Ronggolawe no. 14 Wonosobo. Menurut penuturan warga sekitar, Mie Ongklok Longkrang ini merupakan mie ongklok generasi pertama di Wonosobo. 
Bukan cuma itu, bahkan kelezatan Mie Ongklok Longkrang pun kabarnya telah menyebar ke negara-negara di Amerika, Asia, serta Eropa. Beberapa tokoh nasional pun juga tak ketinggalan kecanduan mie asal Wonosobo ini. Salah satu yang kecanduan Mie Ongklok adalah mantan presiden RI yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Kenapa disebut Mie Ongklok? Ternyata karena sebelum disajikan mie ini diramu dengan sayuran kol segar dan potongan daun kucai. Kol dan daun kucai merupakan sayuran khas Wonosobo. Kucai sendiri adalah daun yang terkenal sebagai penurun darah tinggi. Kemudian setelah dicampur di sebuah gayung dari bambu, campuran mie dan sayuran tadi dicelup-celupkan selama beberapa menit di air mendidih, dan cara inilah yang disebut diongklok.

Mie yang secara berulang-ulang dicelupkan di air mendidih. Dan cara pembuatan mie yang seperti ini hanya ada di Wonosobo.Hanya beberapa menit, mie dan campuran sayuran tadi ditaruh di mangkuk dan diguyur kuah. Kuah mie ongklok inilah yang terkenal khas. Kuahnya berasal dari pati yang dicampur gula jawa, ebi, serta rempah. Supaya rasanya lebih maknyus, mie ongklok diguyur juga oleh bumbu kacang.

 26. Pesona Destinasi Objek Wisata Alun Alun Kota Wonosobo Jawa Tengah


Wisata Alun Alun Kota Wonosobo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah wonosobo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonosobo juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Alun Alun Kota Wonosobo Jawa Tengah ini. Alun-Alun (Town Square) merupakan ikon sebuah kota. Selain jadi jantung kota, Alun-Alun juga merupakan ruang publik dan pusat kekuasaan pemerintahan. Sebuah kota akan tampak sepi dan serasa hampa tanpa kehadiran Alun-Alun.

Kata orang, kalau main ke Jogja tapi tidak main ke Malioboro itu namanya belum ke Jogja. Nah sama juga kalau ke Wonosobo tapi tidak menginjakan kakinya di Alun-Alun Wonosobo namanya belum ke Wonosobo.Alun-Alun Wonosobo adalah salah satu Alun-Alun terindah di Jawa Tengah. Ruang publik ini, jadi pusat segala aktifitas warga dan pemerintah. Dari sekadar tempat wisata keluarga,  jalan-jalan, olah raga, pusat hiburan rakyat hingga perhelatan ceremonial pemerintah bahkan saat SunMor (Sunday Morning) juga bisa jadi tempat wisata belanja.
Wajah Alun-Alun Wonosobo terlihat cantik, luas, sejuk dan menarik perhatian orang yang melintasi jalan protokol sekitar Alun-Alun. Hal ini menjadi magnet  bagi siapapun untuk mengunjunginya. Kondisi Alun-Alun Wonosobo yang ramai berdampak pada roda perekonomian rakyat. Pasalnya, Alun-Alun Wonosobo boleh dibilang bagaikan gula bagi semut. Alun-Alun yang ramai pasti akan disrubung PKL untuk berdagang di sekitar Alun-Alun.
loading...

No comments:

Post a Comment