GUDANG WISATA PANTAI WONOGIRI - AndanuNet

Monday, March 11, 2019

GUDANG WISATA PANTAI WONOGIRI

Kumpulan Wisata Pantai Kabupaten Wonogiri

Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah memiliki pesona wisata alam khususnya pantai yang tidak kalah menarik dengan kabupaten yang ada disebelahnya yaitu kabupaten Gunungkidul dan kabupaten Pacitan. Bentang alamnya pun hampir sama karena dilewati jajaran pegunungan seribu yang memanjang dari timur kabupaten Bantul hingga kabupaten Pacitan. Sebagian besar kawasan pantai di Wonogiri masih alami dan belum tersentuh pembangunan. Berikut adalah kawasan pantai di Wonogiri yang berhasil kami rangkum :

1. Pantai Nampu


Obyek Wisata Pantai Nampu merupakan salah satu wisata pantai yang masih tergolong perawan, jika dibandingkan dengan Pantai Parangtritis, Krakal, Baron, ataupun pantai lainnya. Potensi wisata Pantai Nampu  sungguh luar biasa. Walaupun berada di pelosok yang jauh dari perkotaan, namun akses menuju pantai ini sudah sangat baik dan nyaman untuk dilalui. Saat anda berkunjung ke Pantai ini, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan belum ada angkutan umum yang menuju ke kawasan wisata pantai ini.

Selama perjalanan menuju Pantai Nampu, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan khas bebatuan karst dan bukit-bukit yang ditumbuhi dengan pepohonan yang terlihat sejuk. Udara begitu bersih dan menyegarkan, menjadi panorama tambahan bagi Anda sebelum memasuki pantai yang merupakan bagian dari laut selatan ini.


Pantai Nampu merupakan kawasan wisata pantai unggulan dan cukup favorit di wilayah Wonogiri. Pantai ini memiliki cirikhas berupa pantai landai berpasir putih dengan tebing karang disi sisi sebelah barat. Pantai Nampu secara administratif berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.


2. Pantai Pringjono


Pantai Pringjono merupakan kawasan pantai baru yang dibuka sebagai wisata alternatif di kawasan Pantai Nampu Wonogiri. Pantai ini terlihat cukup tersembunyi dengan cirikhas aliran air yang membentuk air terjun mini dan pantai berpasir putih. Pantai Pringjono secara administratif berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Lokasi Pantai Pringjono Wonogiri masih dalam satu kawasan dengan Pantai Nampu. Posisi pantai ini tepat berada di sebelah barat dari Pantai Nampu atau disebelah timur dari Pantai Puyangan. Sebagian besar orang menganggap bahwa pantai ini tidak terpisah dan merupakan bagian dari kawasan Pantai Nampu. Akses jalan menuju Pantai Pringjono Wonogiri sedang dalam tahap pengerjaan berupa jalan berbatu dari Pantai Nampu hingga atas bukit sebelah timur Pantai Pringjono. Jalan batu tersebut dapat dilintasi oleh kendaraan beroda dua hingga beroda empat. Namun pengunjung pantai ini disarankan memarkir kendaraan di Pantai Nampu karena tidak ada penjagaan disekitar kawasan pantai.


3. Pantai Puyangan


Pantai Puyangan merupakan kawasan pantai baru yang dibuka sebagai wisata alternatif di kawasan Pantai Nampu Wonogiri selain Pantai Pringjono. Pantai ini cukup kecil dan sedikit tersembunyi diantara pantai-pantai yang ada disekitarnya. Lokasinya cocok digunakan sebagai tempat camping dan berkemah. Secara administratif berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Lokasi Pantai Puyangan masih dalam satu kawasan dengan Pantai Nampu. Posisinya berada di sebelah barat kawasan Pantai Pringjono. Belum ada informasi dan papan petunjuk arah menuju ke kawasan pantai ini. Pengunjung harus bertanya terlebih dahulu kepada penduduk sekitar atau petugas parkir Pantai Nampu mengenai lokasi Pantai Puyangan.


Akses jalan menuju Pantai Puyangan hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak dari kawasan Pantai Nampu. Kendaraan pengunjung baik roda dua maupun roda empat dapat diparkir di kawasan Pantai Nampu. Belum ada rencana pembangunan jalan untuk akses kendaraan dari kawasan Pantai Nampu menuju Pantai Puyangan.

4. Pantai Waru


Pantai Waru secara administratif berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

5. Pantai Karang Payung


Pantai Karangpayung letaknya disebelah barat Pantai Waru yang masih satu wilayah di Dusun Dringo Desa Gunturharjo Kecamatan Paranggupito. Untuk mencapai tempat wisata alam ini bisa dicapai dengan berjalan kaki dari Pantai Waru ke arah barat sejauh kurang lebih 500 meter. Untuk sampai ke lokasi pantai, pengunjung harus menuruni jalan setapak dan melewati lebatnya pohon pandan laut.

Tetapi jangan khawatir karena setelah mencapai lokasi Pantai Karangpayung kelelahan akan segera sirna karena keelokan dan suasana alam asri nan mempesona.

Ada keindahan tebing bukit vertikal setinggi 30 meter yang dibagian bawahnya tergerus abrasi air laut hingga membentuk ceruk yang bisa untuk berteduh layaknya sebuah payung.
Perpaduan antara pasir putih dan batuan karang yang menonjol menambah keindahan Pantai Karang Payung. Bagi yang hobi Fotografi, Pantai Karangpayung juga sangat menarik untuk diabadikan.

6. Pantai Karang Bang


Pantai Karang Bang secara administratif berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

7. Pantai Sembukan

Loncat ke pencarian
Pantai Sembukan adalah pantai di Desa ParanggupitoKecamatan ParanggupitoKabupaten WonogiriJawa Tengah sekaligus menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Wonogiri[1]. Pantai Sembukan juga merupakan salah satu objek wisata spiritual yang dilengkapi beberapa sarana ibadah antara lain masjid, paseban dan sanggar. Menurut mitos, pantai ini merupakan pintu gerbang ke-13 Kerajaan Ratu Kidul. Gerbang ini digunakan oleh Kanjeng Ratu Kidul untuk menghadiri pertemuan dengan raja-raja Kasunanan Surakarta (Paku Buwono). Setiap setahun sekali diadakan selamatan Larung Ageng baik oleh Kraton Surakarta, Pemkab Wonogiri maupun masyarakat Desa Paranggupito. Selamatan ini sangat menarik kunjungan wisatawan. .

8. Pantai Klotok


Pantai Klotok secara administratif berada di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Pantai Klotok lokasiknya tidak jauh dari Pantai Sembukan. Dan pesonanya juga tidak kalah menawan dibanding Pantai Sembukan.pantai ini merupakan pantai berbatu yang menyajikan keindahan yang sangat menawan dan juga indah. Akses jalan ke Pantai Sembukan ini sangat mudah. Apalagi para wisatawan akan disajikan keindahan alam yang tidak akan terlupakan.


9. Pantai Nglojok


Pantai Nglojok merupakan pantai tebing yang berada di sisi barat kawasan Pantai Sembukan. Pantai Nglojok secara administratif berada di desa Paranggupito, kecamatan Paranggupito, kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Lokasi Pantai Nglojok berada di sebelah barat Pantai Sembukan Wonogiri. Akses jalan menuju pantai ini satu jalur dengan Pantai Sembukan dari pusat kota Wonogiri. Namun beberaparatus meter sebelum memasuki kawasan Pantai Sembukan, ambil jalan kecil ke kanan melewati perkampungan penduduk. Ikuti jalan kecil tersebut hingga ujung perkapungan dilanjutkan dengan melewati ladang penduduk dan akhirnya tiba di kawasan pantai. Bisa juga dengan berjalan kaki menyusuri tepi Pantai Sembukan ke arah barat dengan melewati beberapa kawasan pantai terlebih dahulu.


10. Pantai Njujugan (Jujugan)


Pantai Njujugan merupakan pantai kecil yang dataran landainya hilang ketika ombak pasang. Pantai ini didominasi pantai tebing dan area landainya diapit dua buah tebing yang menjorok ke laut. Pantai Njujugan secara administratif berada di desa Paranggupito, kecamatan Paranggupito, kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Lokasi Pantai Njujugan berada di sebelah barat Pantai Nglojok Wonogiri dan sebelah timur Pantai Dadapan (Mangetan) yang merupakan pantai tapal batas wilayah kabupaten dan propinsi antara kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta dengan kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Akses jalan yang dilalui sama dari desa Paranggupito melewati jalan cor semen yang berakhir dengan jalan tanah. Melihat kondisi jalan yang ada disarankan menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor.

Pantai Njujugan Wonogiri saat ini hanya bisa dinikmati dari atas bukit sebelah timur karena ombak sedang pasang tinggi. Jalan setapak menuju ke lokasi pantai sudah dibuat namun masih sempit dan sedikit tertutup oleh rerimbunan pohon. Ketika mendekati kawasan pantai, terlihat hamparan pasir pantai tenggelam oleh ombak pasang dan hanya menyisakan jalan setapak turun dari atas tebing. Disarankan untuk melihat cuaca terlebih dahulu sebelum menuju ke Pantai Njujugan dan sekitar agar tidak kecewa ketika datang. (text/foto: annosmile)

11. Pantai Dadapan (Mangetan)


Pantai Dadapan secara administratif berada di desa Paranggupito, kecamatan Paranggupito, kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. 
Lokasi Pantai Mangetan berada di perbatasan antara kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah. Akses menuju pantai ini lebih mudah melalui kabupaten Wonogiri karena berdekatan dengan kawasan wisata pantai Wonogiri yaitu Pantai Sembukan. Untuk menuju pantai ini lebih mudah membawa kendaraan beroda dua karena diperkirakan akan melewati jalanan yang sempit dan tidak dapat dijangkau oleh kendaraan roda empat.

Rute menuju Pantai Mangetan (Dadapan) dari pusat kota Yogyakarta menuju ke arah Wonosari Gunungkidul. Dari kota Wonosari ikuti jalan utama ke arah timur menuju Pantai Sadeng. Setelah melewati tebing Sungai Bengawan Solo Purba dan sebelum retribusi Pantai Sadeng ada pertigaan kecil yang mengarah ke Wonogiri atau Pantai Sembukan. Ikuti jalan menuju ke arah Pantai Sembukan tersebut hingga memasuki area pemukiman warga sebelum pos retribusi masuk. Tanyalah mengenai lokasi Pantai Mangetan atau Pantai Dadapan dimana jalan yang dilalui melewati sebuah gang masuk pemukiman penduduk.


12. Pantai Sendang








Pantai Sendang menjadi salah satu daya tarik dari Wonogiri. Pantai ini cukup jauh dari pemukiman. Akan tetapi Pantai Sendang memiliki hawa yang indah dan sejuk. Sangat pas untuk Anda yang mencari kedamaian dan juga ingin menikmati kesendirian. Tentu saja menjadi salah satu kawasan wisata yang menyenangkan. Anda bisa menikmati keindahan pantai ini meski sendirian. Apalagi pemandangan laut dan juga pantai yang mempesona dan bisa memanjakan Anda dengan keindahan laut, sinar matahari dan hamparan pasir yang luas
loading...

No comments:

Post a Comment