Langkah Mudah Mendapatkan Beasiswa Kuliah - AndanuNet

Tuesday, March 12, 2019

Langkah Mudah Mendapatkan Beasiswa Kuliah

BEBERAPA CARA AGAR 

MENDAPAT BEASISWA KULIAH




Mendapat beasiswa untuk kuliah adalah salah satu kebahagiaan tak ternilai bagi sebagian orang. Akan tetapi, bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah?
Banyak dari anda pasti sudah mengincar kesempatan emas ini sejak diputuskan lulus dari SMA. Ditengah mahalnya biaya pendidikan saat ini, mendapatkan beasiswa adalah peluang yang sangat menguntungkan untuk mendapatkan pendidikan lebih lanjut di perguruan tinggi.
Beasiswa untuk kuliah yang tersedia saat ini terdiri dari tiga macam beasiswa yakni beasiswa yang berasal dari perguruan tinggi, beasiswa yang berasal dari pemerintah dan beasiswa dari perusahaan swasta. Beasiswa dari universitas umumnya didapatkan setelah anda terdaftar sebagai mahasiswa dengan memenuhi syarat-syarat tertentu yang telah ditetapkan. Beasiswa dari pemerintah umumnya lebih spesifik dengan melihat prestasi individu, dan lain-lain.
Biaya kuliah yang semakin tidak murah membuat orang tua harus memutar otak jika anaknya ingin kuliah. Sebagai anak, Kamu juga harus bisa membantu meringankan orang tua dalam mencari biaya kuliah. Salah satunya dengan giat mencari beasiswa. Ada banyak cara mendapatkan beasiswa.
Banyak sekali beasiswa yang disediakan oleh pemerintah maupun pihak kampus. Kendati demikian beasiswa tersebut juga tidak serta-merta bisa Kamu dapatkan begitu saja. Tetap ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Oleh karena itu penting bagi Kamu untuk mengetahui beberapa cara mendapatkan beasiswa di bawah ini.


1. Bertanya Pada Guru Atau Staf TU Di Sekolah

Untuk melihat ada atau tidaknya peluang beasiswa, Kamu bisa melakukan pendekatan dengan guru atau staf TU di sekolah. Biasanya mereka tahu jika ada informasi terkait beasiswa kuliah yang bisa Kamu dapatkan.


2. Mencari Info Dari Teman Atau Saudara

Kalau memiliki teman atau saudara yang pernah atau sedang mendapatkan kuliah gratis, Kamu bisa bertanya langsung kepada mereka. Salah satu keuntungan bertanya langsung adalah Kamu bisa mendapatkan pengalaman sekaligus tips dan triknya untuk mendapat beasiswa tersebut.

Jika memang Kamu tidak berkesempatan bertemu dan bertanya secara langsung, Kamu bisa mencari informasi via media sosial.


3. Menangkan Perlombaan Di Universitas Terkait

Selain rajin mencari informasi beasiswa, Kamu juga bisa mendapatkan beasiswa dengan mengikuti dan memenangkan lomba di universitas yang Kamu mau. Ada beberapa universitas yang menawarkan beasiswa bagi Kamu yang memenangkan perlombaaan di sana, seperti UI atau ITB.


4. Menguasai Bahasa Inggris Dengan Baik

Jika yang Kamu incar beasiswa kuliah, di luar negeri, maka kemampuan bahasa Inggris mutlak untuk dimiliki. Umumnya beasiswa kuliah di luar negeri mengharuskan Kamu memiliki skor TOEFL yang cukup tinggi, setidaknya 500. Maka belajarlah bahasa Inggris sejak jauh-jauh hari.


5. Menentukan Pilihan Universitas

Saat Kamu mengajukan beasiswa, pastikan Kamu sudah memilih jurusan dan universitas yang paling Kamu minati. Sebab berkuliah tidak sesuai dengan jurusan yang diminati itu sangat tidak menyenangkan. Jadi pertimbangkan hal itu dengan baik ya.


6. Mengusahakan Masuk Kampus Ikatan Dinas

Salah satu cara mendapatkan beasiswa adalah dengan masuk kampus ikatan dinas, seperti STAN, STIS, STSN, dan IPDN. Kampus ikatan dinas bukan hanya menawarkan biaya kuliah gratis, tapi juga kontrak dengan dinas terkait setelah lulus. Kalau ingin kuliah gratis dan langsung bekerja, Kamu bisa mencoba masuk kampus ikatan dinas ini.


7. Mendaftar Beasiswa Bidikmisi

Untuk Kamu yang mau kuliah S1, pemerintah sudah menyediakan beasiswa agar Kamu bisa kuliah gratis. Namanya Bidikmisi. Beasiswa ini diberikan selama 4 tahun full, namun syarat dan ketentuan berlaku ya. Selain gratis uang kuliah, mahasiswa Bidikmisi juga mendapat uang saku lho.
8. Melengkapi Semua Persyaratan

Dalam mengajukan beasiswa, biasanya terdapat banyak sekali persyaratan. Meski menguras waktu dan tenaga saat mengurusnya, namun semua syarat itu harus Kamu lengkapi ya.
9. Menyiapkan Diri Dengan Baik Untuk Tes

Setelah dinyatakan lolos seleksi berkas, tahap selanjutnya adalah tes. Tes tersebut ada yang tertulis, ada yang langsung wawancara, tergantung kebijakan penyelenggara beasiswa. Sebelum hari H tes, jangan lupa siapkan diri dengan baik.
10. Berkata Jujur

Umumnya beasiswa diperuntukkan bagi mahasiswa kurang mampu. Saat seleksi beasiswa, jangan sekalipun berbohong mengenai keadaanmu yang sesungguhnya. Jika berbohong, bukannya untung mendapat beasiswa, yang ada justru Kamu bisa ditolak.
Nah, itulah beberapa cara mendapatkan beasiswa yang bisa Kamu terapkan. Pastikan Kamu menerapkan cara tersebut agar mendapatkan beasiswa yang diinginkan ya!
loading...

No comments:

Post a Comment